Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1633594
Pengunjung : 286959
Hari ini : 267
Hits hari ini : 896
Member : 835
IP : 54.81.105.205
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
18 June 2018
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
Twitter

5 Cara Agar Pola Makan Tetap Sehat Saat Lebaran

Tanggal : 07-06-2018 09:20, dibaca 24 kali.

VIVA – Perayaan Hari Raya Idul Fitri biasanya dihiasi dengan kenikmatan beragam hidangan lezat. Namun, ini membuat banyak umat muslim menjadi mengonsumsi makanan secara berlebihan dan bisa memicu masalah pencernaan. 

Agar mencegah terjadinya masalah kesehatan, penting untuk dapat mengontrol pola makan saat hari raya. Berikut tips sehat merayakan Hari Raya Idul Fitri, dilansir dari The Health Site, Rabu, 6 Juni 2018.

Batasi makanan berlemak  

Makanan yang mengandung lemak dan gula biasanya memicu masalah pencernaan. Sebab, dua hal tadi dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama. Usahakan untuk mengonsumsi pola makan dengan pilihan ringan dan olahan yang lebih sehat.

Porsi makan kecil dan sering 

Porsi makan yang besar dapat membuat lambung lama mencerna. Maka dari itu, usahakan agar mengonsumsi makanan dalam porsi kecil agar lambung mudah mencernanya serta mampu menstimulasi metabolisme tubuh dengan mudah. Penting pula untuk memberi jeda antar jam makan sekitar 3 jam.

Bahan makanan sehat

Kuliner non-vegetarian menjadi pilihan populer di waktu Idul Fitri tiba. Coba agar selalu memilah potongan daging yang minim lemak sebelum dimasak dan diolah. Saat mengolah makanan manis, hindari pemakaian susu berlebihan dan gula. Bisa diganti dengan pilihan buah yang manis dan segar.

Metode memasak sehat

Dibandingkan menggoreng, masakan sehat bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Serta hindari memasak ikan dan sayuran terlalu matang, karena panas berlebihan bisa memicu hilangnya vitamin dan mineral di dalamnya.

Minim garam

Daripada memakai garam berlebihan, coba ganti dengan bumbu lain seperti peterseli, rosemary, coriander, lada dan perasan lemon. Bumbu tersebut sangat kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan minyak alami yang mengandung zat antibakteri.

( https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1043408-5-cara-agar-pola-makan-tetap-sehat-saat-lebaran )

 



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas