Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1843849
Pengunjung : 334867
Hari ini : 255
Hits hari ini : 893
Member : 835
IP : 54.82.73.21
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
18 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Twitter

Panduan Makan Buah agar tak Kelebihan Asupan Gula

Tanggal : 12-10-2018 08:29, dibaca 45 kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 bisa menyerang orang di segala usia. Akan tetapi risiko terkena diabetes semakin tinggi pada orang-orang yang berusia lebih tua.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat membuat berat badan naik. Kondisi ini yang kemudian bisa menuntun pada tingginya kadar gula dalam darah atau gejala pra diabetes.   

Makan buah adalah bagian dari gaya hidup sehat dan tidak meningkatkan risiko diabetes. Namun, mengonsumsi buah lebih dari rekomendasi konsumsi harian atau recommended daily allowance (RDA) bisa membuat seseorang kelebihan asupan gula.   

Dikutip dari Medical News, diet yang tinggi gula, karbohidrat, dan minyak jenuh cenderung lebih berisiko menimbulkan diabetes dibandingkan jika mengonsumsi jenis makanan itu dalam jumlah sedang.  

Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Karena itulah buah salah satu kunci diet sehat.  

Dengan memilih buah segar ketimbang buah kering, kita sudah membatasi asupan gula yang masuk ke tubuh. Untuk diketahui, buah kering mengandung lebih banyak gula daripada buah segar. Selain itu, lebih baik makan buah segar daripada minum jus buah dan smoothie yang mengandung tambahan gula. 

Jumlah buah yang boleh dikonsumsi seseorang tergantung pada usia, jenis kelamin, dan rutin tidaknya berolahraga. Untuk orang-orang yang berolahraga kurang dari 30 menit per hari, United States Department of Agriculture (USDA) menerbitkan rekomendasinya.   

Dalam menghitung porsi buah, USDA menggunakan satuan cangkir. Satu cangkir buah setara dengan satu apel ukuran kecil, 32 butir anggur, satu jeruk, delapan stroberi ukuran besar, atau satu cangkir jus buah tanpa gula.   

Bagi anak usia di bawah 13 tahun, USDA merekomendasikan konsumsi buah tak lebih dari 1,5 cangkir per hari. Remaja perempuan di bawah 18 tahun maksimal 1,5 cangkir per hari. Sedangkan remaja laki-laki, pria dewasa, dan wanita dewasa di bawah 30 tahun maksimal dua cangkir buah per hari.   

Ketika seseorang sudah menginjak usia 30 tahun, asupan buah maksimal hanya sebanyak 1,5 cangkir per hari. Mereka yang rutin berolahraga 30 menit per hari diizinkan mengonsumsi lebih banyak buah daripada yang tidak berolahraga. 

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/10/12/pggoxj349-panduan-makan-buah-agar-tak-kelebihan-asupan-gula )



Pengirim : dms_rz


Artikel Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas