Banner
Perpustakaan SMK N 1 BalikpapRadio Suara EdukasiDinas P & K Prov KaltimDITPSMK Kemdikbud RIBursa KerjaSimulasi Digital
Login Member
Username :
Password :
Jajak Pendapat
Apa saja yang telah dilakukan pada web sekolah SMKN 1 balikpapan
Sekedar Tahu dan Bangga
Memanfaatkan Fasilitas
Melakukan Interaksi
Melakukan KBM
Unduh dan Upload File
Lihat
Statistik

Total Hits : 1844835
Pengunjung : 335111
Hari ini : 158
Hits hari ini : 432
Member : 835
IP : 54.221.75.115
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

humassmknsatubpn@yahoo.co.id    
Agenda
19 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Twitter

Pemerintah RI Tetapkan Balikpapan sebagai Pusat Penerima Bantuan dari 18 Negara Sahabat

Tanggal : 10/04/2018, 09:39:44, dibaca 89 kali.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kedatangan pejabat negara ke Kota Balikpapan memiliki kepentingan khusus yakni untuk menggunakan Kota Balikpapan sebagai sebagai bagian dari proses penanganan korban gempadan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa, (2/10/2018).

Usai rakor, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Wiranto mengatakan, Pemerintah RI akan menjadikan Balikpapan sebagai tempat atau salah satu pusat untuk menerima bantuan dari 18 negara sahabat.

Khususnya bantuan angkutan udara yang diberikan oleh empat negara sahabat yakni, Singapura, Malaysia, India dan Korsel.

Selain bantuan angkutan udara ucap Wiranto, ada juga bantuan berupa tenda, water treatment dari Jepang dan Republik Cheko, genset, rumkit terbatas dan fogging untuk menetralkan bakteri akibat korban meninggal yang membusuk, karena bisa menyebabkan penyakit.

Ia juga menegaskan bahwa bantuan dari negara sahabat, tidak hanya berasal dari negara Asean saja, melainkan juga dari negara arab seperti Arab Saudi dan Qatar, bahkan Amerika Serikat juga akan turut memberikan bantuannya.

"Amerika Serikat juga rencananya akan membantu angkutan udara, tapi belum tahu berapa jumlahnya. Kalau Singapura sudah sampai bantuannya," ujarnya.

Lanjutnya, Balikpapan nanti akan menjadi pusat angkutan personel, angkutan barang dan mengangkut korban yang mengalami sakit dari Palu ke Rumah Sakit di Balikpapan.

Oleh karena itu dirinya bersama pejabat negara lainnya mengadakan rapat koordinasi bersama pemangku jabatan di Kota Balikpapan untuk mempersiapkan proses bantuan dan penanganan korban gempa dan tsunami di Sulteng.

"Kita saat ini membutuhkan angkutan cepat untuk mengirimkan bantuan personel dan logistik ke Palu, dan yang tercepat hanya lewat angkutan udara. Apalagi di Bandara Palu, panjang kandasan pacu terbatas hanya 2000 meter dan pesawat besar yang busa mendarat disana hanya pesawat jenis Hercules," ungkapnya.

Diterangkannya, upaya-upaya tersebut bertujuan untuk melakukan penormalisasian kehidupan masyarakat di Palu dan Donggala akibat bencana gempa dan tsunami.

Oleh karena itu dirinya berusaha untuk segera memfungsikan Telekomunikasi terutama ponsel, BBM dan Bahan makanan harus digelontorkan ke Palu sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapat bantuan logistik.

"Bantuan Kesehatan juga perlu, karena banyak korban yang luka perlu dirawat," tandasnya.

Dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Kota Balikpapan yang bersedia membantu pemerintah pusat dalam penanganan korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala ini.

"Target kita sampai pulih dan normal dalam rangka normalisasi kehidupan dan kebutuhan korban," pungkasnya.

Rapat Koordinasi tersebut di laksanakan di Hotel Platinum, Balikpapan sekitar pukul 21.30 wita dan dihadiri Para pejabat negara diantaranya, Kapolri Jendral Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam RI) Wiranto, Kepala Basarnas RI Muhammad Syaugi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nilla Moeloek. Serta Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan pimpinan SKPD di Kota Balikpapan. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Pemerintah RI Tetapkan Balikpapan sebagai Pusat Penerima Bantuan dari 18 Negara Sahabat, http://kaltim.tribunnews.com/2018/10/03/pemerintah-ri-tetapkan-balikpapan-sebagai-pusat-penerima-bantuan-dari-18-negara-sahabat?page=2.
Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini





Berita Lainnya :

   Kembali ke Atas

Kembali ke atas